Saturday, January 27, 2018

Aliran Rasa level #7 Menjaga Bintang Agar Tetap Bersinar

Sampai di level ke-7 ini saya menyadari bahwa Allah sudah mengaruniakan kami seorang anak yang harus kami jaga binar di matanya.
Sehubungan dengan materi dan tantangan level 7, kemarin di kelas online IP Semarang kedatangan tamu yang luar biasa; Teh Elma Fitria. Alhamdulillah, saya diberi kesempatan untuk bertanya masalah bakat dll.
Dengan masalah dari pertanyaan saya, Teh Elma kemudian memberitahu saya beberapa ayat dalam AlQur'an:


قُلْ كُلٌّ يَعْمَلُ عَلَى شَاكِلَتِهِ فَرَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَنْ هُوَ أَهْدَى سَبِيلا (٨٤)
[2]Katakanlah (Muhammad), "Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing[3].” Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar 
jalannya[4].


Sejujurnya saya baru tahu kemarin, setelah diberitahu Teh Elma Fitria tentang ayat ini.
kalimat di surat itu adalah : pembawaan masing-masing.
Maksudnya adalah keunikan diri, dan bakat adalah salah satu bagiannya
Masyaallah, ternyata bakat itu adalah murni karunia Allah.
Lalu kemudian Teh Elma Fitria memberi tahu saya lagi:
Bakat itu alami Allah berikan, Allah install bersama dengan ditiupnya ruh ketika kita masih janin.
Namun seringkali orang tua, atau guru, atau lingkungan, atau sistem pendidikan, atau zaman, yang membunuh perkembangan bakat itu.
Maka lahirlah orang orang dewasa yang bingung dengan dirinya.
Ya, saya adalah salah satu dari orang dewasa yang bingung itu. Saya tidak terlalu paham dengan diri sendiri.
Hampir 28 tahun hidup, tapi masih belum menemukan misi yang Allah berikan melalui bakat yang telah diinstal oleh-NYA.
Itulah kenapa, saya tidak ingin Yasmine mengalami hal serupa.
Alhamdulillah, di level 7 ini saya seperti diberi petunjuk lagi melalui ilmu yang didapatkan.
Saya jadi lebih menghargai semua gerak-gerik Yasmine tiap harinya. Lebih peka dengan semua yang dia lakukan dengan binar dimatanya.
Karena mungkin itulah bakatnya.
Alat untuk mencapai misi hidupnya.

Aliran Rasa Level 7
Kelas Bunda Sayang
Institut Ibu Profesional