Friday, August 11, 2017

Family Project: Safari Masjid

Yasmine beberapa hari ini sedang "klayu" sekali dengan ayahnya. Setiap pagi, kalau ayah hendak berangkat kerja, dia mulai nangis minta ikut. Butuh waktu agak lama juga untuk menenangkannya.
Kalau tiba waktu ayah pulang kerja, begitu dengar suara motor dan gerbang rumah dibuka, Yasmine pasti teriak-teriak senang.

Kemarin setelah ayah pulang sebelum waktu Ashar tiba, Yasmine minta diajak jalan2. Dia ambil jaket dan kerudungnya sendiri. Alhasil saya dan suami agak bingung juga, mau jalan kemana ya? karena belum masuk waktu Ashar juga. Agak "nanggung" waktunya.
Dan tak lama kemudian, adzan Ashar pun berkumandang, tiba-tiba si Ayah nyeletuk "yuk ke masjid alun-alun aja". Yaak! dan jadilah ini family project kita yang pertama: Safari Masjid.

Suami dan saya pun mulai berbagi tugas, karena Yasmine ini sangat suka meng-eksplore masjid manapun yang pernah disinggahinya, kami pun biasanya harus sholat bergantian untuk menjaga Yasmine.

Akhirnya di putuskan, ayah akan sholat terlebih dahulu, sementara saya menjaga yasmine sambil berkeliling sekitar masjid. Kemudian sebaliknya.

Jadi, pembagian tugasnya seperti ini:

Guide 1 merangkap seksi keamanan shift pertama: Ibu (saya)
Guide 2 merangkap seksi keamanan shift kedua: Ayah
Peserta safari yang teralu bersemangat: Yasmine

Jarak antara rumah dengan masjid alun-alun tidak begitu jauh. Kami pun naik motor: ayah yang mengendarai, karena saya tidak bisa. :D

Sesampainya di masjid, seperti biasa, Yasmine si peserta safari langsung berkeliling sambil berteriak gembira. Ya, masjid dan mushola memang selalu jadi tempat favoritenya, hehe, semoga selalu begitu ya sampai dia dewasa.

Karena masih banyak makmum masbuk yang sedang sholat, saya pun langsung mengamankan Yasmine dari keinginannya untuk mengeksplore area sholat pria di shaf2 terdepan.

Saya harus putar otak, sebagai guide 1, saya putuskan mengajak Yasmine untuk ikut melihat ruang wudhu wanita yang lumayan besar dan agak kering.

Dan ternyata Yasmine jauh lebih suka di area wudhu ini karena dia bisa buka-tutup keran air. Mungkin pikirnya, masjid+keran air=ultimate play ground. 😅

Saya jadi agak bingung juga melihat antusiasme peserta safari cilik ini yang agak sedikit berlebihan. Akhirnya saya pun menyuruhnya untuk ikut wudhu.

Begitu selesai wudhu, saya lihat ternyata Ayah masih sholat bersama para jamaah kloter ke2. Tidak mungkin kan, kalau kami berkeliling masjid karena pasti akan mengganggu. Akhirnya saya giring Yasmine ke area sholat wanita. Dan dia masih menunjukan antusiasme yang sama.

Saya segera putuskan untuk sedikit merubah acara, daripada menunggu ayah, saya beranikan saja mengajak Yasmine untuk sholat bersama. Strategi baru untuk buat dia "anteng" sholat bersama saya adalah dengan memakaikan mukena masjid, walaupun sangat kebesaran.

Alhamdulillah, ternyata benar, Yasmine khidmat mengikuti gerakan sholat saya sampai selesai.

Akhirnya, setelah selesai sholat kami pun keluar dari area wanita dan mendapati ayah sedang menunggu.

Yes, Family project "Safari Masjid" kami berjalan dengan cukup baik. :D
Semoga dengan project Safari Masjid ini, hati kami semakin terpaut dan cinta dengan rumah Allah ya. ❤

#gamelevel3
#familyproject
#kuliahbunsayiip
#tantangan10hari