Tuesday, June 13, 2017

Tantangan Hari ke #10

Sudah memasuki hari ke 12, untuk #tantangan10hari kelas BunSay IIP ini. Alhamdulillah, sudah mulai konsisten menerapkannya pada anak.
Saya banyak belajar untuk menemukan intonasi yang tepat saat berbicara dengan Yasmine, yang ternyata, intonasi dari setiap pesan yang ingin kita sampaikan bisa berbeda-beda.
Kadang Yasmine bisa dengan mudah menangkap informasi yang saya berikan dengan intonasi yang lembut dan setengah berbisik, dan kadang ada pesan yang harus disampaikan dengan intonasi yang tegas.
Saya juga banyak belajar memenggal kalimat2 panjang menjadi kalimat pendek yang efektif untuk Yasmine. Memastikan pesan yang saya sampaikan bisa diterima dengan baik.
Tapi, saya masih harus banyak berlatih komprod ini dengan pasangan. Bisa dibilang saya masih payah menahan ego. Masih susah memperpanjang nalar.
Dan kami masih cukup sering berselisih paham.
Ternyata memang membentuk FoE/FoR kamu dan aku menjadi FoR/FoR kita, tidaklah mudah. Butuh waktu yang tidak sebentar.
Ada banyak hal yang harus saya pelajari; termasuk didalamnya kemampuan menahan emosi.
Saya memang bukan orang yang gampang meledak, saya hanya terlalu perasa. Sehingga, seringnya kesensitifan ini berujung kepada kesalah-pahaman.
Alhamdulillah, kemarin saat kami sedang ngabuburit, sambil berbincang di atas motor, kami bertukar pikiran.
Ternyata suami juga menyadari apa yang selama ini menjadi kekurangan saya dalam berkomunikasi. Dia maklum, tapi tetap harus ada perubahan.
Saya jadi berpikir, bahwa mungkin kami harus lebih banyak menyisihkan waktu untuk bertukar pikiran seperti itu. Membentuk family forum sebagai sarana berkomunikasi produktif. Dan sebagai ajang latihan bagi saya untuk belajar mengutarakan pikiran.
Saya hanya perlu mendiskusikan dengan pasangan kapan waktu yang tepat untuk memulai family forum kami.
Semoga, kedepannya bisa lebih baik.
#tantangan10hari
#day10
#komunikasuproduktif
#kelasbunsayiip