Thursday, June 1, 2017

Keep It Short and Simple

Selama ini, saya memang cukup sering menyampaikan pesan kepada Yasmine dengan bahasa yang kompleks, panjang dan saling menumpuk, jenis komunikasi yang tidak produktif, sehingga tidak jarang Yasmine pun tidak menangkap isi pesan yang saya sampaikan dan apa yang saya ingin dia lakukan.
Contohnya, ketika saya ingin mengajarkan dia untuk duduk ketika minum sesuai anjuran sunnah Rasulullah sallahu’alaihi wassalam, saya menggunakan kalimat panjang seperti;
“Yasmine, kalau mau minum itu sunnahnya duduk dan pakai tangan kanan, jangan berdiri kaya gitu dong.”
dan bisa dipastikan, kalimat tersebut sama sekali tidak memberi pengaruh apa-apa. Karena memang bahasa yang digunakan terlalu kompleks untuk anak 2 tahun.
Coba bayangkan ya, anak yang masih tertatih-tatih belajar bicara, sudah mendengar kalimat perintah majemuk seperti itu. Pasti cukup susah baginya merima informasi yang disampaikan.
Alhamdulillah, dapat ilmu baru tentang metode KISS ini dari kelas Bunsay, saya pun mencobanya untuk tantangan hari #1.
KISS sendiri adalah kependekan dari Keep It Short and Simple. Dimana kita, sebagai lawan bicara anak menggunakan kalimat tunggal yang pendek dan sederhana tapi mengena.
Nah dihari #1 saya mencoba mengganti kalimat perintahnya agar terbentuk komunikasi produktif, menjadi;
“Yasmine, kalo minum itu sunnahnya duduk loh, yuk duduk dulu.”
dan taraaa~ Alhamdulillah ternyata Yasmine cepat menangkap pesan tersebut dan langsung duduk. Kemudian setelah satu pesan tertangkap dan dia sudah sukses mengerjakannya, barulah saya mengutarakan satu pesan lagi;
“terus minumnya pakai tangan kanan juga ya.”
dan lagi-lagi berhasil 😍.
Metode KISS ini akan saya coba terapkan selama 10 hari, untuk melatih kedisplinan Yasmine dan practical life skill yang sesuai dengan umurnya.
Ternyata memang benar ya, tidak semua pesan baik bisa tersampaikan jika caranya tidak tepat.
Kita harus mencari tahu dulu, siapa lawan bicara kita dan latar belakang mereka.
Mari kita belajar memahami terlebih dahulu, sebelum menggurui. 😊
#level1
#day1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip