Thursday, June 8, 2017

Tantangan #8

Yasmine suka sekali nonton serial Upin Ipin di siang hari, dan saya pun memang mengizinkannya sebagai teman makan siang.
Tapi terkadang, kalau ada jalan ceritanya yanh sangat disuka, maka dia pun akan semangat maju sampai dekat sekali menontonnya.
Kalau sudah seperti itu, saya biasa menyuruh duduk kembali ditempatnya semula, dengan kalimat; "yasmine jangan begitu nontonnya, ayok duduk disini." Tapi seringnya, cara ini kurang berhasil. Harus 2-3 kali diberitahu, baru dia akan kembali duduk.
Kemarin malam, saat Yasmine sedang menonton upin ipin lagi, dia kembali maju dan berdiri di depan tv. Mbah2nya dan ayahnya pun sampai ikutan memberitahu Yasmine untuk mundur dan duduk, tapi dia tetap saja berdiri diposisi tersebut. Sampai akhirnya, saya coba dengan metode KISS dan 7-38-55. Saya panggil namanya terlebih dahulu, untuk mendapatkan perhatiannya lalu kemudian saya sampaikan pesannya dengan sederhana;
"Yasmine." *dengan intonasi yang menarik perhatiannya, dia pun nengok*
"Mundur kesini yuk.." *sambil melambaikan tangan, yasmine pun langsung datang*
"Nah, sekarang duduk disini ya" *lalu dia pun duduk*
Setelah dia duduk tenang, saya pun memberinya pesan tambahan bahwa jika menonton tv maka harus dari jarak yang cukup aman untuk penglihatan dan lebih baik duduk.
Sekarang saya jadi sedikit paham, bagaimana otak anak kecil bekerja setelah berulang kali mencoba metode KISS ini. Informasi dan pesan yang ingin kita sampaikan untuk anak, lebih baik memang dipotong-potong, tidak menjadi satu kesatuan yang kompleks. Dan yang paling penting sebelum berkomunikasi dengan mereka, pastikan kita mendapatkan perhatiannya secara penuh, karena setelah anak fokus dengan lawan bicara, maka pesan apapun untuknya pasti bisa ditangkap dengan baik.
#level1
#day8
#tantangan10hari
#kuliahbunsayiip
#komunikasiproduktif