Saturday, November 25, 2017

Berhitung sambil Bermain

Hari ini kami mengunjungi rumah orangtua saya, disana ada satu orang sepupu Yasmine yang masih bersekolah di taman kanak-kanak.
Kalau sedang berkunjung ke rumah mbah, saya agak bingung juga mau berktifitas apa bersama Yasmine. Karena disana dia lebih memilih untuk main masak-masakan, boneka, atau bercanda dengan sepupunya.
Tapi, karena hari ini saya datang lebih pagi dan sepupunya Yasmine sedang bersekolah, saya punya kesempatan untuk mengajaknya bermain logika matematika melalui buku milik kakaknya.
Di dalam buku itu, ada permainan mencocokan gambar. Misal, gambar kepala kuda harus di cocokan dengan gambar ekor kuda di halaman sebelah.
Yasmine antusias sekali loh, dengan buku ini.
Selain itu ada juga permainan mencocokan bentuk. Misal, ada gambar beberapa bentuk berwarna yang terpisah, harus dicocokan dengan gambar satu bentuk hasil penggabungan gambar2 bentuk yg terpisah tadi.
Yasmine sudh bisa bermain permainan ini ternyata, dia bisa mencocokan beberapa bentuk dengan tepat.
Permainan terakhir adalah mencocokan gambar raut wajah yang terbentuk dari beberapa tanda baca.
Setelah bermain bersama dengan buku aktifitas, siang harinya saat kakak sepupu Yasmine sudah pulang ke rumah mereka mengajak saya bermain petak umpet.
Dalam permainan ini, siapa yang jaga harua menghitung dari 1-10 sementara yang lain bersembunyi.
Yasmine dan saya sering sekali bermain petak umpet di dalam rumah. Karena permainan ini juga, dia jadi lancar berhitung. Tapi jangan heran kalau Yasmine lebih suka berhitung 1-10 menggunakan bahasa inggris ya, mungkin karena dia lumayan sering melihat video berbahasa inggris. :D
IIP
Ibu Profesional
KulianBundaSayang
ILoveMath
MathAroundUs