Wednesday, November 15, 2017

Aliran Rasa game level #5 Membangun Keluarga Literasi

Seperti tema yang diusung pada game level #5 bulan ini di kelas Bunda Sayang; For Things to Change, I Must Change First.
Menumbuhkan minat baca untuk anak itu  ternyata tidak sekedar mengoleksi banyak buku dan mengelilingi anak dengan buku-buku yang mahal dan bagus.
Mungkin itu bisa jadi salah satu faktor pendukung, tapi selain itu masih ada beberapa faktor lainnya. Dan mengubah diri sendiri menjadi seorang pembaca adalah salah satunya.

Saya menyadari betapa pentingnya bagi orangtua untuk menjadi pembaca terlebih dahulu sebelum menginginkan anak-anaknya menjadi suka baca, ketika memulai tantangan 10 hari ini. Ketika teman-teman grup mulai menceritakan pengalamannya dengan anak masing-masing.
Salah satu tips yang saya ingat dari salah satu teman adalah; bacakan buku dimanapun, kapanpun. Bacakan dengan suara keras, kendati dia terlihat cuek dan lebih memilih untuk bermain. Bacalah dengan menarik, gunakan intonasi yang tepat dan sesuai. Suatu saat, dia pasti akan mulai penasaran dengan apa yang kita baca dan ingin tahu lebih lanjut. Bergembiralah, karena itu salah satu tanda awal minat baca anak sedang tumbuh dan bersemi.

Membayangkan saja saya sudah senang sekali loh. :)

Masyaallah, alhamdulillah game level #5 ini seperti menjadi pengingat apa tujuan utama hidup saya dan apa cita-cita saya.
Juga sebagai pemicu semangat saya untuk terus memupuk minat baca pada Yasmine.

Ketahuilah, minat membaca tinggi itu bukan untuk sekedar pintar. Tapi untuk menjadi paham.
Membaca untuk memahami apa hakikat hidup ini.

Karena perintah Allah yang pertama kali saat AlQuran turun adalah Iqra. Bacalah.

Jadi, yuk luangkan waktu untuk membaca bersama anak. Usahakan kita juga suka membaca sebelum menginginkan hal yang sama kepada mereka.





Aliran Rasa
Game Level #5
Institut Ibu Profesional
Bunda Sayang