Friday, July 28, 2017

Melatih Kemandirian #7

Sampai hari ini saya masih terus melatih kemandirian Yasmine dalam hal membereskan mainan dan juga merapikan sepatu.
Tapi namanya juga anak kecil ya, pasti naik turun moodnya. Dan saya maklum banget. Sampai saat ini juga saya terus menikmati prosesnya, karena kalau saya, ibunya, tidak menikmati proses latihan ini pasti Yasmine juga ga akan menikmatinya.

Saya juga jadi semakin paham, kalau melatih kemandirian anak maka otomatis si ibu melatih dirinya juga untuk disiplin.
Nah, saya juga sedang berusaha keras mendisiplinkan jadwal saya yang sempat berantakan sejak libur lebaran kemarin.

Tapi, sejak latihan kemandirian ini itu selama 2 minggu ini, Yasmine mulai terlihat banyak perubahan loh.
Dia jadi berani melakukan banyak hal sendiri. Walaupun sekedar main sendiri, saya sudah senang sekali melihatnya. Karena memamg dia tipe anak yang ga bisa jauh dari saya.
Bahkan ketika saya sedang melakukan suatu pekerjaan, dia sekarang bisa "membuat permainan sendiri" dan agak berkurang rewelnya.
Contohnya hari ini, ketika saya sholat dzuhur, Yasmine justru asik bermain air di area cuci baju.
Padahal biasanya dia lebih suka menangis menunggui saya selesai sholat.

Tampaknya latihan kemandirian membantu menambah pemahaman anak tentang dirinya sendiri ya.