Friday, February 16, 2018

Cerdas finansial hari ke-8

Sudah sekitar enam bulan ini saya mengelola toko buku online milik saya sendiri. Masih tahap kecil-kecilan sih, stok barang pun belum banyak.
Walaupun masih berjalan seadanya, saya merasa sedikit kewalahan jika ada pesanan dengan sistem PO dibayar dimuka. Karena catatannya harus komplit dan teratur.
Sejak awal januari saya mulai membuat pembukuan usaha ini. Dengan bekal ilmu akuntansi saat masih dibangku SMA dulu, sebuah buku batik, pulpen, dan penggaris.
Kemudian, saya membuat 5 kolom untuk; jenis barang, harga modal, harga jual, debit dan kredit.
Setiap penjualan yang masuk maupun pembelian untuk stok usaha saya bukukan dengan rapi. Catatan PO pun saya beri halaman khusus.
Pembukuan usaha kecil-kecilan ini bisa dibilang langkah besar bagi saya, jenis orang yang kelewat santai.