Thursday, October 26, 2017

Pohon Literasi

Di bulan ke 5 kelas Bunda Sayang batch #2 ini saya jadi koordinator bulanan kelas, alhamdulillah jadi keikutan rajinnya. Tiap hari buka grup untuk menyapa teman-teman alhasil jadi mikir, malu kan kalo telat dan ga rajin mengerjakan game level #5.

Lagipula, tantangan di level #5 ini asik banget loh.
Jadi kita harus membuat pohon literasi keluarga, lalu setiap harinya tugas kita adalah merimbunkan pohon tersebut dengan daun-daun yang berisi keterangan   buku yg kita baca.

Daaan.. Itu artinya Yasmine, ibu, dan ayah harus membaca buku tiap hari. Agar pohonnya tumbuh sehat dengan dedaunan yang segar.

Tapiii.. Masalahnyaa saya belum punya waktu untuk membuat pohonnya karena seharian tadi Yasmine dan saya pergi main ke rumah mbahnya Yasmine di Karanganyar. Saya sih tadi sempat mikir untuk membuatnya dari kardus bekas nanti setibanya di rumah atau malam harinya. Tapi ternyata... Kardusnya sudah ga ada..😥

Nah karena waktunya sudah semakin larut, akhirnya saya membuat jemuran literasi dulu. Saya buat dari pigura bekas, dan tali serta klip kayu kecil-kecil.
Buku yang saya bacakan hari ini untuk Yasmine adalah "The Very Hungry Caterpillar" by Eric Carle.

Buku ini bagus loh.. Salah satu favorite saya dan Yasmine. Saya suka karena ceritanya menarik, gambarnya jelas, dan ada bagian buku yg bolong-bolong seperti dimakan ulatnya. Yasmine mungkin juga suka karena itu kali ya, plus ada gambar es krimnyaaa. Dia suka banget sama es krim.
Tadi sore, Alhamdulilah saya sempat membacakan Yasmine buku ini lagi. Saya pakai metode membaca keras-keras didekatnya saat dia sedang asik bermain. Membaca dengan suara keras itu berguna untuk melatih kemampuan mendengarkan (listening skill) loh.

Pasti sudah tau kan empat tahap keterampilan berbahasa (language skill)?
Listening, Speaking, Reading, dan Writing.
Ternyata keempat tahap ini anak harus menguasainya secara berurutan. Harus dilatih tahap demi tahap.

Dan, ketika saya membaca dengan suara keras ternyata memang cukup berhasil mengalihkan perhatiannya Yasmine dari mainan, dia pun ikut melihat gambarnya, dan karena sudah seriing sekali membaca buku The very hungry caterpillar, dia pun sudah bisa menceritakan kembali dengan gerakan tubuh.



IIP
Ibu Profesional
For things to change, i must change first