Tuesday, October 31, 2017

Hari Ke-6 Menstimulasi Anak Suka Membaca

Hari ini saya biarkan Yasmine memilih bukunya sendiri untuk dibacakan, ternyata dia masih ingin membaca The Very Hungry Caterpillar.
Yasmine suka saat ulat kecilnya berubah menjadi kepompong dan kemudian menjadi kupu-kupu. Dia suka membuka-tutup bukunya, agar gambar sayap kupu-kupunya terlihat seperti mengepak.
Selain buku The Very Hungry Caterpillar, hari ini dia pun kembali membuka buku Odong-Odong Dongeng; Lumba-Lumba dan Hiu. Tampaknya, shark masih berada di posisi kesayangan di dalam hatinya. :D
Kemudian, dia juga sedang suka sekali flip-flap book tentang Numbers. Berulang-ulang dia minta diambilkan buku tersebut dari tempat saya menyimpannya.
Buku itu memang sengaja saya simpan di lemari supaya tidak rusak, tapi Yasmine sekarang cukup berhati-hati saat membuka buku karena saya berulang kali bilang kedia untuk tidak merobeknya.
Kalau diingat, Yasmine pun dulu pernah berada dalam masa "suka menyobek"buku loj saat berumur sekitar kurang dari setahun. Ada satu ensiklopedia milik aka sepupunya yang beberapa halamannya hilang karena Yasmine. Semenjak itu, untuk mengurangi kebiasaan merobek buku, saya cukup sering menasihatinya setiap reading time kami.
Tips saya untuk menumbuhkan rasa "eman" anak pada buku adalah dengan menasihatinya untuk lebih berhati2 saat membuka buku. Lakukab tiap kali reading time kita dengan anak.
IIP
Ibu Profesional
Bunda Sayang
For Things to Change, I must Change First